Headlines News :
Home » » Kasad Tinjau Pembangunan Pembangkit Listrik Micro Hydro

Kasad Tinjau Pembangunan Pembangkit Listrik Micro Hydro

Written By Achmad Bawazir on Sabtu, 14 Maret 2015 | 15.25.00




Tembilahan-Sabdarepublik.com- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto dan Plt Gubri, Arsyadjuliandi Rahman mengadakan kunjungan kerja ke Desa Saka Rotan, Kecamatan Teluk Belengkong, Kamis (12/3/15)lalu .

Kunker ini dalam rangka melihat pembangunan pembangkit listrik Micro Hydro oleh prajurit Kodim 0314/Inhil dibantu masyarakat di desa tersebut. Kedatangan pejabat TNI dan Pemda beserta rombongan ini disambut Bupati Inhil, HM Wardan dan unsur Forkopimda Inhil.

Plt Gubri Arsyadjuliandi Rahman menyebutkan, kebutuhan akan listrik sangat diperlukan oleh masyarakat Inhil ini. Diharapkan, dengan adanya pembangunan listrik Micro Hydro ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasokan listrik masyarakat setempat. "Mudah-mudahan pembangunan micro hydro ini bisa menjawab kebutuhan masyakarat Belengkong," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasad, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, kedatangannya di Kecamatan Teluk Belengkong ini merupakan hal yang dianggap luar biasa. Selain itu Ia juga mengatakan bahwa pembangunan kincir angin pembangkit listrik ini adalah yang pertama di Provinsi Riau.

"Ini bisa ditiru, jika daerah lain di Riau ingin membangun juga bisa minta bantu dengan TNI. Gratis, tidak perlu bayar," ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.  Beliau meminta kepada Camat Teluk Belengkong untuk dapat mengkoordinir masyarakat agar belajar mengawasi kincir air ini.

Sehingga jika ada kerusakan dapat diperbaiki oleh masyarakat sendiri. Proyek pembuatan pembangkit listrik kincir air atau micro hydro ini sukses berkat bantuan para personil TNI Kodim 0314 Inhil bersama dengan masyarakat.

Pembangkit listrik micro hydro (kincir air) di Desa Saka Rotan Kecamatan Teluk Belengkong ini berkapasitas 40 ribu watt. Apabila berfungsi dengan baik maka dapat mengaliri sekitar 200 rumah.  Kecamatan Teluk Belengkong terdiri dari 13 desa dengan jumlah penduduk 3.145, dimana semua di desa di daerah ini berlum dialiri listrik oleh PLN.

Warga selama ini bisa mendapat pasokan listrik menggunakan genset pribadi. Untuk diketahui, Kecamatan Teluk Belengkong terdiri dari perairan dan kanal-kanal yang menjadi penghubung dari desa satu ke desa lainnya. Kanal- kanal itu menyimpan potensi untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik hingga akhirnya dilaksanakan pembangunan micro hydro ini.***(rls/ra)
Share this post :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sabdarepublik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger