Headlines News :
Home » » UED-SP Sepakat Bersama Kepenghuluan Teluk Bano I Berjalan Sukses

UED-SP Sepakat Bersama Kepenghuluan Teluk Bano I Berjalan Sukses

Written By Achmad Bawazir on Kamis, 12 Maret 2015 | 21.29.00

BAGANSIAPIAPI- Sabdarepublik.com--Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir tiap tahun menganggarkan dana usaha desa (DUD) dari program pemberdayaan desa (PPD) yang bersumber dari dua kas daerah yaitu dana APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Rokan Hilir.
 
Untuk meningkatkan usaha yang ditekuni masyarakat di perdesaan. Adapun dana yang telah cair dari tahun 2005 sampai tahun 2012 yang dialokasikan untuk 29 Kepenghuluan di Kabupaten Rokan Hilir, adalah sebesar Rp 13 Miliar.
 
''Masyarakat Kabupaten Rokan Hilir telah merasakan dan menikmati pinjaman modal usaha tersebut sebanyak Rp 500 juta tiap Kepenghuluan,'' kata Kepala Badan pemberdayaan masyarakat, Hj Murniwati melalui Kabid UED dan TTG, Tri Delsifati kepada wartawan, Kamis (12/3/15) di ruang kerjanya.
 
Delsifati  mengungkapkan, program PPD sudah berjalan sejak tahun 2005. Secara khusus program ini bertujuan untuk mendorong kegiatan perekonomian masyarakat desa, meningkatkan dorongan berusaha bagi anggota masyarakat desa yang berpenghasilan rendah. Serta mendorong usaha  sektor informal untuk menyerapan tenaga kerja bagi masyarakat desa.
 
Lanjutnya, menghindari masyarakat dari praktek ijon serta meningkatkan peran perempuan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa dan memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat desa.
 
Melalui program ini, salah satu UED-SP Sepakat Bersama Kepenghuluan Teluk Bano I Kecamatan Bangko Pusako,awal memulai program tahun 2008 mendapatkan bantuan modal pinjaman Rp 500 juta. Dikelola oleh pengelola hingga Desember 2014 berhasil mengembangkan dana tersebut mencapai Rp.3.333.000.000. Dari jumlah itu, sebanyak 348 orang sudah merasakan manfaatnya. Tingkat pengembalian modal mencapai 98% dan sisa hasil usaha (SHU) sebanyak Rp 49.854.000.
 
“Kepada Sepakat Bersama Kepenghuluan Teluk Bano I yang telah berhasil mengelola dan mengembangkan UED-SP dengan baik untuk kedepannya kami berharap semua pengelola lebih meningkatkan dan membantu  taraf hidup masyarakat,'' kata Tri Delsifati. (andi)
Share this post :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sabdarepublik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger