Headlines News :
Home » » Tengku Nazlah,Dukungan Penuh Maju Pilkada Meranti

Tengku Nazlah,Dukungan Penuh Maju Pilkada Meranti

Written By Achmad Bawazir on Selasa, 10 Maret 2015 | 23.03.00

PEKANBARU-Sabdarepublik.com - Munculnya beberapa nama tokoh perempuan yang akan ikut bersaing di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) memperebutkan kursi" singgasana"  Bupati Kabupaten Meranti, membuat peta politik di negeri penghasil Sagu berubah dratis. Apalagi penilaian banyak kalangan, perempuan kini sudah saatnya unjuk kemampuan untuk membuktikan kalau mereka layak jadi pemimpin.

Di Kabupaten Kepulauan Meranti, setidaknya ada dua tokoh perempuan yang menyatakan ikut dalam pertarungan memperebutkan kursi bupati. Ada Hj Jahlelawaty yang merupakan tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Meranti. Kemudian ada Hj Tengku Nazlah Qairaty, politisi handal yang kini berkiprah di parlemen Provinsi Riau.

Setidaknya, dengan munculnya dua tokoh perempuan ini akan mengubah ‘kiblat’ dukungan masyarakat nantinya. Tidak lagi terpaku pada sosok " inccumbent" semata, akan tetapi sudah ada pilihan lain yang akan jadi pertimbangan. 

“Saya sangat bangga dengan keberanian srikandi-srikandi Kabupaten Meranti untuk maju mencalonkan diri menjadi kepala daerah. Ini sesuatu yang patut diapresiasikan.  Bagi saya, fenomena ini menunjukkan kalau kaum perempuan saat ini sudah setara. Beda dengan dulu, dimana kaum perempuan hanya dipandang sebelah mata,” ungkap salah seorang Tokoh Pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti, Hj Nur Maharani, Selasa (10/3/2015).
 
Dikatakan Nur, dalam pandangan tradisional, wanita yang lembut tidak diidentikkan untuk menjadi seorang pemimpin sebuah organisasi. Namun sekarang ini, pola pikir seperti itu sudah ditinggalkan. Dimana sekarang wanita sudah muncul untuk maju di depan dan tidak berlindung di bawah kuasa laki-laki.

“Soal kemampuan, saya kira tidak kalah dengan laki-laki. Sekarang ini kesempatan untuk menjadi pemimpin itu sama. Jadi tergantung bagaimana masyarakat menilai sosok yang akan dipilih nantinya. Sebagai wanita tentu kita sangat mensupport kaum hawa ikut bersaing di Pilkada nanti ,” tukasnya.

Dari pengalaman dan pandangan politiknya, dua tokoh perempuan yang disebutkan diatas memiliki kemampuan untuk memimpin. Apalagi keduanya juga politisi yang kini berkecimpung di partai politik. Pun begitu, dia lebih yakin dengan kemampuan yang dimiliki Tengku Nazlah.

“Bagi saya,Tengku Nazlah seorang perempuan enerjik yang aktif berorganisasi sampai sekarang. Saya kenal beliau sejak sama-sama duduk di parlemen Kabupaten  Bengkalis dulu. Kalau kesempatan itu diberikan kepadanya, saya yakin dia akan bisa memajukan daerah ini menjadi lebih baik,” ungkap mantan anggota DPRD Bengkalis periode 1999 – 2004 ini.

Pendapat yang sama juga disampaikan Ketua Karang Taruna Kota Pekanbaru, Yati Hartati M,Si. Dirinya  sangat mendukung tokoh perempuan maju di Pilkada. “Selama ini kaum perempuan dianggap belum mampu untuk menjadi pemimpin. Dengan adanya pikiran-pikiran seperti itu, saya menyatakan tidak setuju. Saatnya kaum perempuan setara dengan pria. Yang penting dia bisa memenej dan memposisikan dirinya sebagai perempuan,” ucap Yati.

Soal apakah para tokoh perempuan ini memiliki kemampuan atau tidak, Yati berpendapat masyarakat pemilihannyalah yang lebih mengetahui. “Kalau dia berani mencalonkan diri, berarti dia sudah merasa mampu. Tinggal masyarakat untuk memberikan kepercayaan kepada mereka. Harapan saya, wanita-wanita yang ada di Provinsi Riau ini unjuk kemampuan dalam berkiprah di pentas politik,” pungkasnya.(ra)
Share this post :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sabdarepublik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger